PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN BAKAR LPG TERHADAP EFISIENSI THERMAL, EKONOMISASI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR MOBIL TOYOTA KIJANG 5K

  • Stanislaus A. R. Alvando Lengkong S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
  • Dwi Heru Sutjahjo Jurusan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Efisiensi thermal, ekonomisasi, konsumsi bahan bakar, LPG, converter kit, mobil 4 langkah.

Abstract

Perkembangan teknologi otomotif dewasa ini semakin pesat. Ini terbukti dengan munculnya varian-varian baru pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Dengan meningkatnya populasi kendaraan bermotor akan berdampak pada peningkatan konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Jenis penelitian ini adalah eksperimen, obyek penelitian adalah mobil Toyota Kijang tipe 5K 1500 cc, bahan bakar yang digunakan adalah premium dan LPG. Dengan menggunakan putaran mesin 800 rpm (idle) kemudian 1000 rpm-5000 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian rpm berubah pada beban penuh (Full Open Throttle Valve) dengan posisi transmisi top gear yang berpedoman pada standart SAE J 1349 DEC 80. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan data numeric yang diperoleh, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat sederhana yang mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar LPG pada mobil Toyota Kijang 5K 1500 cc torsi, daya, serta konsumsi bahan bakar yang dihasilkan mengalami penurunan. Penurunan torsi tertinggi sebesar 92,37% pada putaran 800 rpm (idle) dan penurunan terrendah 19,71% pada putaran 3500 rpm dengan menggunakan bahan bakar LPG, sedangkan untuk daya mengalami peningkatan dan penurunan pula. Daya mengalami peningkatan pada putaran 3500 rpm sebesar 20,00%, sedangkan penurunan terendah pada putaran 800 rpm (idle) sebesar 80,53%. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakarĀ  mengalami peningkatan pada putaran 5000 rpm sebesar 0,55%, dan penurunan konsumsi bahan bakar terendah terjadi pada putaran 800 rpmĀ  sebesar 0,00%.

Published
2013-05-17
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 740