ANALISIS PEMBEBANAN STATIK DAN DINAMIK PADA PENGEMBANGAN AXLE MAIN LANDING GEAR PESAWAT BOEING 737-800 MENGGUNKAN PENDEKATAN FINITE ELEMENT

  • SYUKRI AINUN ALFATH
  • AKHMAD HAFIZH AINUR RASYID

Abstract

Axle maian landing gear merupakan komponen penting pada pesawat udara, karena axle landing gear berfungsi untuk menopang beban pesawat pada saat, parking, taxing, dan landing. Dibutuhkan pengembangan desain axle landing gear yang lebih baik karena diketahui bahwasanya masih ada kegagalan pada saat pengoprasian, hal tersebut dikarenakan oleh pembebanan yang terlalu sering pada titik kritis tegangan. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan dengan cara menambahkan gusset pada titik kritis tegangan yaitu pada titik lengan axle landing gear. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi besar sudut gusset terhadap tegangan maximum, ditribusi tegangan, dan titik kritis tegangan dengan variasi pengujian axle normal dan axle gusset bersudut 700. Dilakukan pengujian dengan cara memberikan dua jenis gaya yaitu statis sebesar 31.986, 08 N dan 320.601,035 N untuk dinamis. Simulasi numerik menggunakan metode finite element menggunakan software Autodesk Nastran, dan Solidwork untuk pembanding sehingga didapatkan data perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan pengembangan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai tegangan von mises turun . Untuk pengujian axle normal didapatkan tegangan sesar 552,5 Mpa untuk statis dan 751,5 Mpa untuk dinamis, serta displacement total untuk satis sebesar 4,43 mm dan 4,71 mm untuk dinamis gushet baik penguhian statis dan dinamis niali tegangan axle sudut gusset 700 yaitu sebesar 484,4 Mpa untuk pengujian dinamis yaitu sebesar 556,9 Mpa. Selain nilai tegangan hasil simulasi menunjukan besar displacement atau pergeseran, nilai displacement total terendah berda pada sudut 700 yaitu sebesar 4,09 mm untuk statis dan 4,25 mm untuk dinamis

Kata kunci : FEA, Axle Landing Gear, Tegangan von mises, Displacement


Published
2018-07-25
Section
Articles
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 823