ANALISIS KOROSIFITAS EROSI LOGAM PADUAN Al6061 DENGAN VARIASI KADAR AIR GARAM SEBAGAI MEDIA QUENCHING PADA PROPELLER

  • ALVIAN YUSUF ABDI
  • AISYAH ENDAH PALUPI

Abstract

Abstrak
Nelayan sering mengalami kendala di propeller kapal miliknya dimana cepat mengalami korosi. Nelayan
seringkali membawa cadangan propeller untuk mengganti propeller lamanya yang telah habis tergerus
korosi hanya dalam waktu beberapa minggu saja. Hampir sebagian besar nelayan mempunyai masalah yang
serupa sehingga berspekulasi bahwa material propeller kurang bagus akibat kurangnya pengetahuan
bengkel UKM yang bergerak dibidang pengecoran aluminium akan kekuatan dan struktur bahan. Maka dari
itu melihat permasalahan yang terjadi di masyarakat khususnya para nelayan, penulis ingin meningkatkan
kualitas bahan propeller dengan proses quenching menggunakan media air garam dan membandingkannya
dengan produk yang ada di pasaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dan
kualitatif. Material yang digunakan dalam penelitian ini adalah paduan Al6061 yang telah melalui proses
quenching. Pengujian ini menggunakan Uji Mikrostruktur untuk melihat struktur mikro material. Hasil
penelitian nilai laju korosi terendah didapatkan dari quenching dengan penambahan kadar NaCl sebesar
24% sebesar 1,1288mmpy menggunakan kecepatan putar 1250 rpm dan lama perendaman 168 jam yang
mana pada propeller pasaran laju korosi memiliki besar 1.6777mmpy dengan lama perendaman dan
kecepatan putar yang sama. Sehingga spesimen hasil perlakuan memiliki tingkat laju korosi 32,71% lebih
rendah dari produk pasaran. Laju korosi yang terjadi setelah perlakuan mengalami penurunan akibat proses
Aging yang membuat butir kristal pada spesimen mengecil dan jarak antar butir kristal menjadi lebih rapat
disertai proses pendinginan cepat sehingga ketahanan aus pada spesimen yang diberikan perlakuan
mengalami kenaikan.
Kata kunci: al6061, korosi, quenching, garam (NaCl), struktur mikro.
Abstract
Fishermen often experience problems in their boat propellers which quickly corrode. Fishermen often carry
propeller reserves to replace old propellers that have been eroded by corrosion in just a few weeks. Most
of the fishermen have similar problems so they speculate that the propeller material is not good due to the
lack of knowledge of workshops engaged in aluminum casting for the strength and structure of the material.
Therefore, seeing the problems that occur in the community, especially the fishermen, the writer wants to
improve the quality of propeller materials by quenching using salt water media and comparing them with
products on the market. This research method uses quantitative and qualitative descriptive types. The
material used in this study is Al6061 alloy which has been through a quenching process. This test uses a
Microstructure Test to see the microstructure of the material. The results of the lowest corrosion rate values
obtained from quenching with the addition of NaCl levels of 24% by 1.1288mmpy using a rotational speed
of 1250 rpm and an immersion time of 168 hours which on the market propeller corrosion rate has a large
1.6777mmpy with the same immersion time and rotational speed. So the treated specimens have a corrosion
rate of 32.71% lower than the market products. Corrosion rate that occurs after treatment has decreased due
to the Aging process which makes the crystals in the specimen shrink and the distance between the crystals
become more closely accompanied by a rapid cooling process so that the wear resistance of the specimens
given treatment has increased.
Keywords: al6061, corrosion, quenching, salt (NaCl), microstructure
Published
2020-01-14
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 354