PENGARUH FRAKSI VOLUME DAN ARAH ORIENTASI SERAT RAMI KOMPOSIT HIBRID SANDWICH FIBRE METAL LAMINATE (FML) BERPENGUAT SERAT CARBON TERHADAP KEKUATAN IMPAK

  • Setyo Wahyu Eko Utomo Universitas Negeri Surabaya
  • Mochammad Arif Irfai Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Era globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini semakin membuat ketat regulasi pemerintah tentang konsumsi bahan bakar kendaraan, hal ini menuntut produsen otomotif memutar pikiran agar kendaraan yang dibuat dapat memenuhi regulasi tersebut. Salah satu upaya yang dapat ditempuh untuk menghemat konsumsi bahan bakar yaitu adalah penggunaan material frame chassis kendaraan yang ringan. Pada saat ini kompositlah yang digadang-gadang menjadi material yang mampu menggantikan peran logam sebagai material utama pada frame chassis kendaraan, namun disisi lain komposit murni memiliki kelemahan pada ketahanannya terhadap beban kejut (shock load) yang rendah, meskipun terdapat beberapa super car yang menggunakan komposit murni sebagai frame chassis, hal tersebut tentu memerlukan biaya produksi yang tidak murah karena serat dan resin komposit yang digunakan merupakan jenis tertentu dengan biaya pembuatan yang mahal. Oleh karena itu komposit perlu dikombinasikan dengan bahan lain seperti aluminium menggunakan metode Fibre Metal Laminate (FML) untuk memperbaiki kelemahan tersebut dengan biaya ekonomis. Pada penelitian ini serat yang digunakan merupakan kombinasi antara serat carbon dan serat rami (hybrid) yang dilaminasi logam sheet metal aluminium Al 6061 dengan fraksi volume serat 35% dan 45% pada setiap arah orientasi serat rami 900, 450, dan 00 yang diuji kekuatan kejutnya menggunakan pengujian impak.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Fraksi volume berpengaruh terhadap impak komposit hibrid fibre metal laminate (FML), dengan hasil terbesar terletak pada variasi fraksi volume 45% yang memiliki kekuatan impak sebesar 0,068592 J/mm² (2) Arah orientasi serat rami berpengaruh terhadap kekuatan impak komposit FML, dengan hasil terbesar terletak pada arah orientasi serat rami 00 yang menghasilkan nilai kekuatan impak sebesar 0,072819 J/mm².

Kata Kunci: Frame Chassis, Fibre Metal Laminate (FML), Komposit, Serat Rami.

Author Biographies

Setyo Wahyu Eko Utomo, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Mochammad Arif Irfai, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya

Published
2020-11-27
Section
Articles
Abstract View: 18
Paper Download: 19