ANALISA PERBANDINGAN GETARAN PADA ALAT MODE SHAPES ANALIZER BERDASARKAN DATA EMPIRIS DAN SIMULASI

  • Achmad Aviansyah
  • Diah Wulandari

Abstract

Getaran yang dihasilkan oleh sistem sangatlah berpengaruh terjadap efektifitas kerja dan hasilnya. Getaran terbagi menjadi getaran yang dikehendaki dan getaran yang tidak dikehendaki. Getaran yang tidak dikehendaki jika tidak melakukan upaya penyelesaian. Hal ini akan dianggap memberikan dampak negated terhadap mesin. Salah satu bentuk identifikasi awal yang dilakukan untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang terkait dengan getaran pada mesin, diantaranya adalah menentukan model matematika pada fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk membuat pengaplikasian alat sederhana sebagai bentuk untuk mengetahui elastisitas dari pegas maupun fenomena model bentuk getaran.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan mencari penagruh dari variable indepent dengan variable dependen. Pengambilan data dilakukan dengan cara perbandingan secara langsung melalui grafik perbandingan dan dideskripsikan dengan kalimat yang sederhana. Selain itu, untuk pengambilan data pada penelitian ini perbandingan dari waktu dan rata-rata gelombang percepatan yang keluar dari sensor pada alat ini diambil secara empiris maupun simulasi pada matlab

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil yang tercipta berbeda signifikan pada gelombang percepatan dari data empiris dan data simulasi. Besarnya gelombang dari data empiris pada RPM 960 lebih banyak daripada gelombang dari data simulasi, hal ini dikarenakan penyaluran gaya tidak maksimal, karena poros engkol tidak stabil dan banyak getaran yang tercipta sesuai dengan analisis yang dilakukan oleh penulis.

Published
2021-01-06