PENGARUH FRAKSI VOLUME DAN ARAH SERAT KOMPOSIT HIBRID FIBRE METAL LAMINATE (FML) BERMATRIK POLYESTER 157 BQTN-EX TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN BENDING

  • Muhammad Syahrul Faiz Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Sukma Drastiawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Perkembangan olah raga dari masa ke masa terus mengalami evolusi dalam berbagai aspek. Pada jaman dahulu, olah raga mengandalkan kekuatan pikiran dan otot. Tapi, di jaman sekarang. untuk meningkatkan performa para atlet, perangkat olah raga kian dikembangkan. Ketatnya persaingan dalam olah raga beriringan dengan meningkatnya jumlah atlet. Di cabang tenis, perangkat yang dikembangkan secara serius adalah raket. Untuk mengembangkan inovasi pada material raket tenis, maka perlu adanya inovasi pada bidang material maju, salah satunya adalah komposit hibrid (hybrid composite) yang dilaminasi dengan metode Fibre Metal Laminate (FML). Sifat dan kekuatan mekanis komposit hibrid FML dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah arah serat dan fraksi volume serat. Untuk mendapatkan kombinasi arah serat dan fraksi volume yang tepat, maka perlu adanya banyak penelitian yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan membuat bahan komposit hibrid FML dengan skin komposit Alumunium Al 6061 dan laminasi berpenguat serat rami dan e-glass dengan fraksi volume 40%, 60% dan Arah serat 00, 900.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Arah orientasi serat berpengaruh terhadap kekuatan tarik dan bending komposit hibrid FML. Arah serat 00 mendapatkan hasil yang lebih besar daripada arah serat 900 yaitu dengan nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 98,7098925 Mpa dan kekuatan bending rata-rata sebesar 159,659941 Mpa. (2) Fraksi volume berpengaruh terhadap kekuatan tarik dan bending komposit hibrid FML. Fraksi volume 60% mendapatkan hasil yang lebih besar daripada fraksi volume 40% yaitu dengan nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 96,5237385 Mpa dan kekuatan bending rata-rata 148,808563 Mpa. (3) Paduan yang optimum antara arah serat dan fraksi volume yang memperoleh nilai kekuatan tarik dan bending terbesar yaitu pada arah serat 00 dan fraksi volume 60% dengan nilai kekuatan tarik rata-rata sebesar 115,2694 Mpa dan nilai kekuatan bending rata-rata sebesar 164.9409 Mpa.

Kata Kunci : Fibre Metal Laminate (FML), Komposut Hibrid, Uji Tarik, Uji bending

Author Biographies

Muhammad Syahrul Faiz, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Novi Sukma Drastiawati, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-01-05