PENGGUNAAN SERAT JERAMI PADI DALAM PEMBUATAN MATERIAL KOMPOSIT SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BUMPER MOBIL
Abstract
Abstrak
Penelitian berawal dari banyaknya masyarakat yang masih menggunakan material yang mengandung bahan FeCr dalam pembuatan bumper mobil yang memiliki kekurangan yaitu bobot berat yang dapat mengurangi performa mobil dan harga yang relatif mahal. Permasalahan pembuatan bumper mobil dapat diatasi dengan pembuatan material komposit dengan serat alam.Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Material komposit pada penelitian ini menggunakan matriks yang terdiri dari resin Polyester BQTN 157 – EX dengan campuran katalis Methyl Ethyl Keton Peroxide (MEKP) dikarenakan memiliki harga murah dan memiliki sifat mekanik yang baik. Penguat dalam pembuatan material komposit menggunakan serat jerami padi yang diorientasikan secara acak dan anyam dikarenakan belum maksimalnya pemanfaatan dari limbah pertanian, dalam dunia industri pemanfaatan jerami hanya digunakan sebesar 7-16%. Material komposit diberi perlakuan impak untuk mengetahui sifat ketangguhan material dalam menerima beban kejut seperti pengaplikasiannya pada bumper mobil dan uji struktur makro untuk mengetahui kegagalan yang terjadi pada patahan material komposit setelah mengalami perlakuan impak.Berdasarkan hasil penelitian fraksi volume serat dan orientasi serat berpengaruh pada sifat mekanis material, Susunan serat jerami padi acak memiliki nilai impak rendah
0,018J/mm2 dan memiliki nilai impak tinggi 0,035J/mm2 sedangkan pada susunan serat jerami padi anyam
memiliki nilai impak rendah 0,027J/mm2 dan memiliki nilai impak tinggi 0,048J/mm2, untuk mekanisme kegagalan pada serat jerami acak paling dominan yaitu void dan kegagalan pada serat jerami anyam paling dominan yaitu fiber pull out.
Kata Kunci: Material Komposit, Bumper Mobil, Polyester BQTN 157 – EX, Serat Jerami Padi.
PDF Downloads: 612