PENGARUH WAKTU TAHAN PADA PROSES CARBURIZING TERHADAP KEKERASAN BAJA AISI 1025 DENGAN PERLAKUAN PENDINGINAN QUENCHING, ANNEALING, DAN NORMALIZING

  • Faizal Akbar Yusuf Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Sukma Drastiawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Diketahui data pada tahun 2015 – 2019 menyebutkan bahwa Indonesia sudah mengimpor cangkul sebanyak 505,6 ton. Dari kegiatan tersebutembuat pandai besi pembuat cangkul kesulitan untuk menjual cangkul buatan mereka karena kekerasan cangkul lokal adalah 73 HRB lebih rendah daripada cangkul impor 97 HRB. Dari permasalahan tersebut, maka dipilih baja AISI 1025. Baja AISI 1025 merupakan baja karbon rendah yang akan digunakan perlakuan carburizing kemudian dilakukan holding time selama 1jam, 1,5 jam, dan 2 jam. Perlakuan pendinginan menggunakan metode quenching dengan media air, normalizing dengan media udara, dan anneling dengan media pendinginan didalam furnace. Tahap selanjutnya akan dilakukan pengujian kekerasan dan uji metalografi. Hasil pengujian kekerasan didapatkan nilai kekerasan paling tinggi adalah 105,07 HRB melalui waktu tahan selama 2 jam dengan metode pendinginan quenching menggunakan media air. Nilai kekerasan paling rendah didapatkan pada waktu tahan 1,5 jam dengan proses pendinginan menggunakan metode annealing media pendinginan didalam furnace. setelah didapatkan nilai kekerasan pada material diketahui bahwa baja AISI 1025 dengan perlakuan carburizing  dapat menghasilkan kekerasan lebih tinggi daripada cangkul impor. Hal tersebut dikarenakan lama waktu tahan yang dilakukan pada material, semakin lama waktu tahan yang dilakukan semakin tinggi nilai kekerasan yang didapatkan pada material.

Kata Kunci : AISI 1025, carburizing, struktur mikro, waktu tahan, perlakuan pendinginan.

Author Biographies

Faizal Akbar Yusuf, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Novi Sukma Drastiawati, Universitas Negeri Surabaya

Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Surabaya

Published
2021-12-14
Abstract View: 50
Paper Download: 57