ANALISIS KOROSI EROSI PADA MATERIAL PROPELLER KAPAL BERBAHAN DASAR PADUAN AL6061 DAN ALUMINIUM KOMERSIL DENGAN PENAMBAHAN NaCl

  • Mega Suryani Universitas Negeri Surabaya
  • Arya Mahendra Sakti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Berawal dari peristiwa yang sering berdampak pada penurunan umur kapal juga dari kasus nelayan yang seringkali mengganti propeller kapal yang rusak diakibatkan oleh korosi. Korosi yang terjadi pada poros propeller kapal mengakibatkan rusaknya material. Oleh sebab itu, penulis ingin memperbarui propeller
kapal dengan menggunakan bahan paduan Al6061 dengan penambahan NaCl dan membandingkannya dengan propeller pasaran. Penelitian ini dipengaruhi oleh waktu perendaman material dalam air laut, dan kecepatan putar motor sebagai bentuk penerapan pergerakan poros propeller. Metode penelitian ini
menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Penelitian menggunakan spesimen propeller kapal dari hasil coran Al6061dengan variasi paduan aluminium komersil dan variasi penambahan NaCl. yang diputar di dalam air laut mengikuti simulasi gerakan dari propeller kapal dengan air laut buatan, dengan variasi
waktu perendaman dan kecepatan putar yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju korosi terbesar didapatkan dari propeller berbahan dasar paduan Al6061 dengan waktu perendaman selama 12 jam dikecepatan putar 1250 rpm sebesar 2,2611 mmpy dan pada propeller pasaran laju korosi sebesar 2,7480 dengan waktu perendaman selama 12 jam di kecepatan putar yang sama yakni 1250 rpm. Lama perendaman dan variasi kecepatan putar pada pengujian juga mempengaruhi laju korosi paduan Al6061 . Jika dibandingkan dengan propeller pasaran laju korosi bahan paduan Al6061 mengalami penurunan laju korosinya dari 1,9674 mmpy sampai 0,8087 mmpy dengan selisih 1,1587 mmpy.

Kata Kunci: Al6061, NaCl, Korosi, Propeller

Author Biographies

Mega Suryani, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Arya Mahendra Sakti, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2022-07-14
Abstract Views: 228
PDF Downloads: 479