ANALISIS VARIASI JARAK ANODA KATODA DAN WAKTU PELAPISAN HARDCHROME TERHADAP KEKERASAN DAN KETEBALAN LAPISAN PADA BAJA ST41 YANG DIKERASKAN

  • Taufiq Achmad Irfandi Universitas Negeri Surabaya
  • Akhmad Hafizh Ainur Rasyid Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
King Pin merupakan salah satu komponen utama pada kendaraan truck berbahan baja ST41 yang sering
mengalami kerusakan. Dilapangan juga terjadi kelangkaan suku cadang king pin original membuat orang
memilih suku cadang non original. Kualitas king pin non original sangatlah rendah dengan kekerasan 43.3
HRC dan king pin original dengan kekerasan 64.1 HRC. Rendahnya kualitas king pin non original tentunya
dapat ditingkatkan lagi dengan melakukan proses pelapisan hardchrome. Penelitian ini menggunakan
metode eksperimen dengan sampel spesimen king pin yang dikeraskan dan diberi lapisan hardchrome
dengan variasi jarak anoda-katoda 10, 15, 20 cm dan waktu pelapisan 60, 75, 90 menit. Dari hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa nilai kekerasan & ketebalan tertinggi diperoleh pada variasi jarak anoda-katoda 10
cm dan waktu pelapisan 90 menit dengan nilai kekerasan sebesar 67,68 HRC dan nilai ketebalan sebesar
51,85 μm. Sedangkan nilai kekerasan dan ketebalan terendah diperoleh pada variasi jarak anoda katoda 20
cm dan waktu pelapisan 60 menit dengan nilai kekerasan sebesar 43,30 HRC dan nilai ketebalan sebesar
31,00 μm. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin dekat jarak antar anoda-katoda dan semakin lama waktu
proses pelapisan dapat meningkatkan nilai kekerasan dan ketebalan lapisan hardchrome.
Kata Kunci: King Pin, Baja ST41, hardchrome, Uji Kekerasan, Uji ketebalan.

Author Biographies

Taufiq Achmad Irfandi, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Akhmad Hafizh Ainur Rasyid, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-06-22
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 67