PENGARUH VARIASI RPM PADA PENGELASAN FRICTION WELDING BAJA S45C TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN BENTUK PATAHAN

  • Werda Erfiansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Sukma Drastiawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak
Fenomena kegagalan pada poros seringkali terjadi pada kendaraan mobil, seperti kegagalan yang mengalami beban yang
melebihi kekuatan komponen atau struktur, misalnya beban kejut (shock) karena benturan, beban berlebih (over load)
dan umur operasi yang telah melampaui kalkulasi di desain. Dalam penelitian ini menggunkan metode eksperimen dengan
varisi Rpm 800 dan 1120, kemudian diberikan tekanan tempa 60 Mpa pengelasan gesek friction welding pada baja S45C.
Efek dari tekanan gesek terhadap kualitas sambungan las dianalisa melalui uji tarik dan bentuk patahan material. Hasil
dari penelitian ini pada variasi kecepatan putaran 800 Rpm dan 1120 Rpm yang memiliki hasil kekuatan tarik paling
tinngi terdapat pada 1120 Rpm dengan kekuatan tarik tertinggi rata – rata sebesar 38,16 Mpa. Hasil dari pengujian juga
menunjukkan bahwa dengan memvariasikan RPM mempengaruhi kekuatan Tarik dan bentuk patahan baja S45C, pada
1120 RPM hasil uji Tarik yang dihasilkan lebih besar dibanding pada putaran 800 RPM.
Kata Kunci : Baja S45C, Friction Welding, Kekuatan Tarik, Bentuk Patahan Material.

Author Biographies

Werda Erfiansyah, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Novi Sukma Drastiawati, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2023-08-01
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 38