PENGARUH VARIASI TEMPERATUR DALAM PROSES PWHT PENGELASAN SMAW UNTUK MATERIAL BAJA SS400 TERHADAP NILAI KEKUATAN TARIK DAN KEKUATAN IMPAK

  • Fajar Wahyu Pribadi Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Sukma Drastiawati Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak Arm Engine merupakan bagian yang menghubungkan roda belakang dengan rangka pada motor dan terpasang diantara rangka mesin. Material untuk arm engine sendiri adalah baja karbon rendah SS400. Untuk memproduksi arm engine diperlukan proses pengelasan. Baja karbon rendah dapat menggunakan pengelasan SMAW. Pada proses pengelasan SMAW dapat menyebabkan tegangan sisa yang merubah sifat mekanik dari material. Untuk mengurangi tegangan sisa dan memperbaiki sifat mekanik setelah proses pengelasan maka dapat dilakukan dengan metode PWHT (Post Welding Heat Treatment) yang bertujuan untuk mencari pengaruh variasi temperatur pada proses PWHT terhadap nilai kekuatan tarik dan kekuatan impak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan memvariasikan temperatur dalam proses PWHT pengelasan SMAW pada material baja SS400, selanjutnya masing-masing variabel akan diuji tarik dan uji impak. Uji tarik bertujuan untuk mengukur kekuatan meregang dari spesimen sebelum patah dan uji impak bertujuan untuk mengukur kemampuan material untuk menahan retakan atau patah (ketangguhan). Spesimen yang sudah diuji tarik dan uji impak, akan dianalisa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Variabel bebas meliputi tanpa PWHT, dengan proses PWHT temperatur 800°C dan temperatur 850°C. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada variasi temperatur dalam proses PWHT terhadap nilai kekuatan tarik dan kekuatan impak pengelasan material baja SS400. Variasi tanpa PWHT memiliki niai kekuatan tarik tertinggi dengan nilai 456,44 MPa dan variasi temperatur 850°C memiliki nilai kekuatan tarik terendah dengan nilai 411,67 MPa. Sedangkan untuk nilai kekuatan impak tertinggi yaitu variasi temperatur 850°C dengan nilai 0,691 J/mm2 dan variasi tanpa PWHT memiliki nilai kekuatan impak terendah dengan nilai 0,445 J/mm2.
Kata Kunci: Baja SS400, Arm Engine, Variasi Temperatur, PWHT, Uji Tarik, dan Uji Impak

Author Biographies

Fajar Wahyu Pribadi, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Novi Sukma Drastiawati, Universitas Negeri Surabaya

Universitas Negeri Surabaya

Published
2024-01-09
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 65