STUDI KOMPARASI PERFORMA MESIN DAN KADAR EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR EMPAT LANGKAH BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN LPG

  • NANANG ROMANDONI S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: LPG, Conversion Kits, Performa mesin, Emisi gas buang, dan Sepeda motor 4 langkah

Abstract

Penggunaan bahan bakar LPG merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untukmengendalikan emisi gas buang kendaraan bermotor. Conversion kits adalah alat yang digunakan untukmengkonversi LPG menjadi bahan bakar pada sepeda motor. LPG digunakan sebagai alternatif bahanbakar sepeda motor karena mudah diperoleh dipasaran dan tekanan output yang rendah.. Tujuanpenelitian ini adalah untuk memperoleh data perbandingan performa mesin dan kadar emisi gas buangsepeda motor berbahan bakar bensin dan LPG. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitianeksperimen murni. Penelitian dilakukan dengan dua pengujian, yaitu pengujian standar dan pengujianeksperimen dengan menggunakan bahan bakar LPG pada sepeda motor Honda Vario 110 cc tahun 2010.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan bakar LPG dapatmeningkatkan torsi dan daya. Peningkatan torsi tertinggi sebesar 63,90% didapatkan pada putaran 2000rpm dengan menggunakan bahan bakar LPG. Peningkatan daya tertinggi sebesar 50,44% didapatkan padaputaran 2000 rpm dengan menggunakan bahan bakar LPG. Sedangkan konsumsi bahan bakar mengalamipenurunan. Penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 23,09% didapatkan pada putaran 6000rpm. Selain itu, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar emisi CO, CO2, dan HC. Penurunan emisiCO tertinggi sebesar 99,56% didapatkan pada putaran 5500 rpm. Penurunan emisi CO2 tertinggi sebesar55,72% didapatkan pada putaran 3500 rpm. Penurunan emisi HC tertinggi sebesar 77,67% didapatkanpada putaran 5500 rpm. Sedangkan konsentrasi O2 mengalami peningkatan. Peningkatan tertinggikonsentrasi O2 sebesar 85,28% pada putaran 7500 rpm
Published
2012-10-25
Abstract Views: 118
PDF Downloads: 394