REKAM JEJAK KERUSAKAN TRAKSI MOTOR LOKOMOTIF UNTUK MENENTUKAN INTERVAL WAKTU PENGGANTIAN KOMPONEN BERDASARKAN KEANDALAN (RELIABILITAS)

  • FRIEDA IRNANDA PUTRI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan interval waktu penggantian komponen Traksi Motor sehingga kita dapat mengetahui waktu yang tepat dalam penggantian komponen Traksi Motor agar keandalan komponen tetap terjaga dan lokomotif beroperasi dengan maksimal.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian mesin lokomotif, komponen Traksi Motor. Obyek penelitian adalah selang waktu kerusakan komponen Traksi Motor, spesifikasi setiap nomor seri lokomotif. Instrumen penelitian berupa wawancara dan daftar observasi. Untuk waktu penggantian komponen Traksi Motor biasanya waktu penggantian dilakukan ketika Perawatan Akhir (PA) atau ketika komponen mengalami keausan dibawah standar. Penelitian dimulai dari mengklasifikasikan kerusakan, kemudian mendata waktu antar kerusakan setelah itu menentukan distribusi data dan parameter distribusi yang akan digunakan selanjutnya melakukan perhitungan keandalan komponen sesuai dengan running time setiap nomor seri lokomotif.  

Hasil analisa deskripsi menunjukkan bahwa interval waktu penggantian komponen Traksi Motor Lokomotif CC201 diusulkan pada Axle Cup 484 jam,  Bearing 7010 jam, Carbon Brush 6042 jam, Bosh Drat 242 jam, Nose 5317 jam, Mounting 242 jam, Ram Pengaman 15500 jam. Untuk komponen Traksi Motor Lokomotif CC203 yang diusulkan Axle Cup 454 jam, Bearing 7040 jam, Carbon Brush 5904 jam, Bosh Drat 227 jam, Nose 5450 jam, Mounting 227 jam, Ram Pengaman 15669 jam. Untuk komponen Traksi Motor Locomotif CC204  diusulkan Axle Cup 396 jam, Bearing 7125 jam, Carbon Brush 5938 jam, Bosh Drat 198 jam, Nose 5344 jam, Mounting 198 jam, Ram Pengaman 15636 jam.

Kata Kunci : Keandalan, Running Time, Interval. 

Published
2014-01-08
Abstract Views: 217
PDF Downloads: 356