PENGARUH PENGGUNAAN TURBO CYCLONE DAN BUSI IRIDIUM TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125 CC TAHUN PERAKITAN 2011

  • MIFTAKHUL KHOIR

Abstract

Dalam era sekarang ini ada beberapa tuntutan dalam industri (produsen) otomotif yaitu untuk menghasilkan kendaraan yang nyaman bagi masyarakat dan juga ramah lingkungan, yang mana mesin harus dapat menghasilkan performa  yang tinggi (high performance) dan juga harus dapat menghemat pemakaian bahan bakar (fuel economy). Di Indonesia jumlah bahan bakar  semakin lama akan berkurang dan pada akhirnya habis. Peningkatan jumlah kendaraan setiap tahun akan berpengaruh pada jumlah bahan bakar yang dipakai, semakin banyak kendaraan  bermotor maka semakin banyak bahan bakar yang dihabiskan. Maka diperlukan berbagai macam solusi untuk menciptakan kendaraan yang nyaman bagi masyarakat dan juga harus ramah lingkungan. Untuk itu dilakukan penelitian dengan menambahkan turbo cyclone di intake manifold, yang merupakan salah satu alat untuk memberikan efek aliran berpusar pada ruang bakar sehingga campuran udara dan bahan bakar menjadi lebih homogen dengan menambahkan busi iridium diharapkan dapat memperbaiki kualitas percikan bunga api dalam proses pembakaran, sehingga pembakaran di dalam ruang bakar menjadi lebih sempurna dan performa mesin menjadi meningkat.

                Jenis penelitian ini adalah eksperimen, objek penelitian adalah sepeda motor Honda Supra X 125cc tahun perakitan 2011. Jenis turbo cyclone yang digunakan dalam penelitian ini adalah turbo cyclone dengan 6 sudu dan sudut aksialnya 450. Busi iridium menggunakan merk Denso IU22. Menggunakan putaran mesin 3500 rpm - 9000 rpm dengan jarak interval 500 rpm tiap pengujiannya. Peneliitian ini menggunakan metode pengujian rpm berubah pada  beban penuh (Full Open Throttel Valve) dan Metode pengujian performa mesin berdasarkan SAE J1349 yaitu “Engine Power Test Code-Spark Ignition and Compression Ignition-Net Power Rating “. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif.

                Dari hasil penelitian,  dapat disimpulkan bahwa penggunaan turbo cyclone dan busi iridium dapat meningkatkan torsi (T), daya efektif (P), tekanan efektif rata-rata (Bmep), menurunkan konsumsi bahan bakar (fc) dan konsumsi bahan bakar spesifik (sfc) pada sepeda motor Honda Supra X 125 cc tahun perakitan 2011. Peningkatan torsi tertinggi sebesar 20% didapat pada putaran 8000 rpm. Peningkatan daya efektif tertinggi sebesar 23,54% didapat pada putaran 8000 rpm. Peningkatan tekanan efektif rata-rata tertinggi sebesar 24,07%  didapat pada putaran 8000 rpm. Penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 18,30%  didapat pada putaran 6500 rpm. Penurunan konsumsi bahan bakar spesifik tertinggi sebesar 31,46%  didapat pada putaran 9000 rpm

Kata kunci: Turbo cyclone, Busi Iridium, Performa Mesin

Published
2014-01-16
Abstract Views: 186
PDF Downloads: 192