PENGARUH RUNNING FUEL PUMP DENGAN MENGGUNAKAN THINER SAAT SERVICE BERKALA 30.000KM PADA TAKSI TOYOTA NEW LIMO TERHADAP USIA PEMAKAIAN DAN EMISI YANG DI HASILKAN

  • ADI MUJIAT MIKO

Abstract

abcdeKebutuhan masyarakat akan transportasi seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan bermotor berbanding lurus dengan peningkatan emisi atau polutan gas buang kendaraan bermotor sehingga semakin memburuknya kualitas udara bersih yang tersedia. Guna menangani masalah tersebut diperlukan teknologi pada kendaraan bermotor yang diterapkan sebelum proses pembakaran sehingga dapat mengontrol emisi gas buang. Maka dari itu diciptakanlah perangkat yang mampu mengontrol perbandingan udara dan bahan bakar yang lebih baik yang dikenal dengan sistem injeksi bahan bakar. Dengan penggunaan sistem injeksi bahan bakar, jumlah bahan bakar dapat dikontrol sesuai dengan parameter mesin seperti putaran mesin, jumlah udara yang masuk, serta volume bahan bakar untuk setiap siklus pada semua kondisi mesin.

AbcdeAlternatif permasalahan diatas adalah dilakukan penelitian atau eksperimen dengan melakukan running pada fuel pump yang bertujuan membersihkan fuel pump dari kotoran bahan bakar yang menempel pada bagian dalam yang berisikan lilitan kawat dan magnet sehingga mengganggu kerja dari fuel pump itu sendiri. Penelitian ini menggunakan kendaraan Taksi Toyota New Limo dan dilaksanakan di bengkel taksi Blue Bird Group cabang Lakarsantri. Data yang di amati adalah emisi gas buang Karbon Monoksida (CO), Karbondioksida (CO2), Hidrokarbon (HC), Oksigen (O2) dan Lambda (λ).

                Yang telah diperoleh dalam penelitian ini mempunyai nilai guna bagi perusahaan di karenakan harga dari pompa injeksi yang relatif mahal sehingga perusahaan dapat lebih ekonomis dalam menghemat sperpart kendaraan, dengan merawat pompa injeksi (fuel pump) dapat memperpanjang umur pakai dari pompa injeksi dan emisi yang di hasilkan pada kendaraan taksi Toyota New Limo tidak terpengruh dengan merunning fuel pump menggunakan thiner atau menggunakan alat pembersih carbu clener.

Kata Kunci : Running fule pump , emisi gas buang Toyota New Limo

Published
2014-01-22
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 174