DESAIN DAN ANALISIS MODIFIKASI DARI INVELOX DENGAN DOUBLE INTAKE DAN COVER ROUNDED LIP DI ATAS INTAKE

Authors

  • Vannes Chrisdaniel Junior Vannes Chrisdaniel Junior Universitas Negeri Surabaya
  • Dr. A. Grummy Wailanduw, M.Pd., M.T. Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Potensi energi angin di Indonesia sangat besar, namun pemanfaatannya masih sangat terbatas. Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan energi angin adalah Invelox, yakni sistem penangkap dan pengarah aliran angin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modifikasi desain Invelox menggunakan konfigurasi Double Intake dan Cover Rounded Lip terhadap peningkatan kinerja aliran udara pada saluran Venturi. Penelitian ini dilaksanakan melalui simulasi numerik di laboratorium berbasis perangkat lunak ANSYS Fluent, dengan metode penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah variasi desain Invelox: Base, Cover Rounded Lip, Double Intake, serta kombinasi keduanya. Data dikumpulkan melalui simulasi dengan parameter kecepatan, tekanan, kontur, dan streamline. Teknik analisis yang digunakan meliputi perbandingan nilai rata-rata dan maksimum kecepatan serta tekanan pada masing-masing desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi modifikasi mampu meningkatkan kecepatan aliran dengan memperbesar volume udara masuk dan mengarahkan aliran secara lebih halus. Namun, bentuk lengkung pada Cover Rounded Lip cenderung menyebarkan arah aliran, sehingga sebagian energi tidak sepenuhnya terfokus. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Double Intake lebih efektif dalam meningkatkan kecepatan aliran, sedangkan Cover Rounded Lip mendukung dari sisi pengendalian arah tetapi memiliki keterbatasan dalam konsentrasi aliran. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi bentuk Elbow dan Cover lebih lanjut untuk meminimalkan kehilangan energi aliran.  

Kata Kunci: energi angin, invelox, simulasi CFD, Double Intake, Cover Rounded Lip, efisiensi aliran

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-11
Abstract views: 10 , PDF Downloads: 13