PENAMBAHAN PEMANAS CAMPURAN UDARA DAN BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA DAN EMISI MESIN 1 SILINDER

  • ALFIAN SYAHRI R S1 Pendidikan Teknik Mesin FT Unesa
Keywords: Pemanas campuran udara dan bahan bakar, intake manifold, penyekat, Performa mesin, dan Emisi Gas Buang.

Abstract

Pada sistem motor pembakaran dalam, untuk meningkatkan performa mesin atau mengurangi kadar emisi gas buang yang dihasilkan, dapat dilakukan dalam tiga tahap, yaitu sebelum proses pembakaran, di dalam proses pembakaran, dan sesudah proses pembakaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan peneliti untuk mencapai hal tersebut yaitu dengan melakukan modifikasi pada proses sebelum pembakaran, yaitu pada intake manifold. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, obyek penelitian adalah sepeda motor Suzuki Shogun 110 cc dan pemanas campuran udara dan bahan bakar. Dengan menggunakan putaran mesin 1500 rpm-7500 rpm dengan jarak interval 500 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian rpm berubah pada beban penuh dengan posisi transmisi top gear yang berpedoman pada standart ISO 1585. Variasi yang digunakan adalah 1 sekat, 2 sekat, dan 3 sekat. Langkah selanjutnya adalah membandingkan hasil pengujian dari intake manifold modifikasi tanpa pemanas dengan intake manifold modifikasi dengan pemanas, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat sederhana yang mudah dipahami. Penggunaan pemanas campuran udara dan bahan bakar pada motor Suzuki Shogun 110 cc dapat meningkatkan torsi dan daya. Rata-rata peningkatan torsi dan daya terbesar diperoleh pada 1 sekat sebesar 17,5% dan 12,65%. Sedangkan konsumsi bahan bakar mengalami penurunan dan peningkatan, penurunan konsumsi bahan bakar tertinggi cenderung diperoleh pada variasi 3 sekat dan peningkatan konsumsi bahan bakar diperoleh pada 1 sekat dan 2 sekat. Penggunaan pemanas juga dapat menurunkan emisi CO2, HC, dan meningkatkan emisi O2. Penurunan CO2 tertinggi diperoleh pada putaran 7000 rpm pada 3 sekat sebesar 12,9%, penurunan HC tertinggi diperoleh pada putaran mesin 1500 rpm pada 1 sekat sebesar 41,1%, dan peningkatan O2 tertinggi diperoleh pada putaran mesin 7500 rpm pada variasi 2 sekat sebesar 145,5%.
Published
2013-01-18
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 168