PENGUJIAN TRANSMISI OTOMATIS CVT MESIN SEPEDA MOTOR SUZUKI SKYDRIVE TAHUN 2010

  • MOCHAMMAD Khafid KHAFID KURNIAWAN D3 Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Transmisi otomatis CVT, mesin empat langkah, dan tingkat kebisingan.

Abstract

Perbandingan putaran pulley primary dengan pulley secondary pada sepeda motor bertransmisi otomatis sangat dipengaruhi oleh berat roller pada CVT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur putaran mesin Suzuki Skydrive tahun 2010 dengan menggunakan variasi berat roller 15 gram (standart), 12 gram, 9 gram, dan 7 gram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah mesin Suzuki Skydrive tahun 2010. Pengujian tingkat kebisingan berdasarkan SAE J1287 yaitu surface vehicle standart “Measurement of Exhaust Sound Levels of Stationary Motorcyles. Instrumen dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah digital tachometer, stopwatch, fuel meter, thermometer, hygrometer, humiditymeter, anemometer, blower, dan sound level meter. Analisis data menggunakan metode deskritif kuantitatif. Dari penelitian diketahui bahwa penggunaan roller weight di bawah standar (12 gram) dapat meningkatkan perbandingan putaran mesin pada putaran 8000 rpm sebesar 0,38%, penggunaan roller weight di bawah standar (9 gram) dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar pada putarn 8000 rpm sebesar 60,76%, sedangkan penggunaan roller weight di bawah standar (7 gram) dapat mengurangi tingkat kebisingan pada putaran 8000 rpm sebesar 3,45%
Published
2013-01-23
Abstract Views: 237
PDF Downloads: 205