UKM Indonesia vs Pedagang Tionghoa di Indonesia

  • AGNYTIA Pudhi PUDHI DEVANTI

Abstract

Penelitian ini pada umumnya menyimpulkan bahwa usaha kecil memberikan kontribusi
terhadap pembangunan ekonomi. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan kecil telah
memainkan, peran yang sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi, terutama perusahaan
etnis Tionghoa. Cina selalu berhasil bertahan hidup, tumbuh dan berhasil baik di Indonesia
atau pun diseluruh dunia. Makalah ini mengidentifikasi karakteristik pedagang asli
Indonesia dan Tionghoa dan menunjukkan kekurangan dan kelebihan masing-masing.
Berdasarkan penelitian sebelumnya, keberhasilan etnis Tionghoa yang berasal dari karakter
dan kebudayaan mereka sendiri. Dengan demikian, makalah ini berusaha untuk
mengidentifikasi nilai-nilai budaya yang mempengaruhi dan mendasari cara perdagangan
perusahaan kecil Tionghoa dan melihat nilai-nilai budaya orang Indonesia asli di usahanya
tidak dapat melakukan sebaik Tionghoa. Indonesia masih perlu belajar banyak dari
Tionghoa, agar perdagangannya dapat lebih baik.

Kata kunci: UKM Indonesia, Budaya Pedagang Tionghoa, Indonesia

Published
2013-01-09
Section
Akuntansi Keuangan
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 1018