PENERAPAN KONSELING KELOMPOK REALITA UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 1 BALONGBENDO

  • HENDIANI RUSDIANTIE

Abstract

Pelanggaran yang dilakukan siswa terhadap berbagai aturan dan tata tertib sekolah masih sering ditemukan. Itu disebabkan karena siswa tidak disiplin. Perilaku disiplin adalah perilaku seseorang secara bertanggung jawab dalam menjalankan kepatuhan dan ketaatan terhadap berbagai aturan dan tata tertib yang berlaku. Pada kelas VIII-F SMP Negeri 1 Balongbendo terdapat siswa yang mengalami masalah perilaku disiplin yang rendah, sehingga penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan konseling kelompok realita untuk meningkatkan  perilaku disiplin siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Balongbendo. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimen berupa one group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui skor perilaku disiplin siswa di sekolah. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 Balongbendo yang memiliki kategori rendah pada skor perilaku disiplin. Teknik analisis yang digunakan adalah uji tanda.

Hasil analisis menunjukkan bahwa N=6 dan X=0 diperoleh harga ρ =0,016, harga tersebut lebih kecil dari α  dan berada pada daerah penolakan untuk α=0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan skor antara hasil pre-test dan post-test dapat diketahui bahwa hipotesis yang berbunyi “konseling kelompok realita dapat meningkatkan perilaku disiplin siswa kelas VIII-F SMP Negeri 1 balongbendo” dapat diterima. Sehingga untuk guru Bimbingan dan Konseling  hendaknya dapat menggunakan konseling kelompok realita untuk membantu meningkatkan perilaku disiplin siswa yang rendah.

 

Kata kunci :         Konseling Kelompok Realita, Perilaku Disiplin.

Published
2014-12-28
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 128