PENANGANAN KONSELOR TERHADAP MASALAH PENYESUAIAN DIRI SISWA SMA NEGERI 3 TUBAN

  • LUTVIA NIKA NOVIA RAHMAWATI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk- bentuk masalah penyesuaian diri siswa, faktor- faktor penyebab masalah penyesuaian dirir siswa, penanganan Konselor terhadap masalah penyesuaian diri siswa, dan hambatan yang dialami konselor dalam menangani masalah penyesuaian diri siswa. Metode pengumpulan data yaitu pedoman wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 3 (tiga) konselor dan 9 (sembilan) siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri di sekolah. Adapun teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu mengikuti konsep yang diberikan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, baik triangulasi teknik pengumpulan data maupun subyek penelitian. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk- bentuk masalah penyesuaian diri yaitu terdapat siswa yang membolos, datang terlambat kesekolah,meninggalkan kelas pada saat jam pelajaran berlangsung dan tidak menggunakan atribut sesuai dengan ketentuan sekolah,  siswa yang jarang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah bahkan ada yang sama sekali tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sekolah,  siswa yang memiliki permasalahan internal dengan guru mata pelajaran tertentu, terdapat siswa yang merasa tidak nyaman karena mendapat ancaman dari teman di sekolah, dan terdapat pula siswa yang antisosial, siswa yang tidak mengumpulkan tugas pada mata pelajaran tertentu, siswa yang tidak nyaman dengan jurusan yang telah dipilih dan ingin pindah kesekolah lain. Faktor- faktor penyebab masalah penyesuaian diri yang dialami siswa yaitu karena faktor perkembangan dan kematangan ,faktor psikologis  dan faktor keadaan keluarga. Penanganan yang diberikan konselor yaitu konseling individu dan pada proses konseling individu telah menggunakan beberapa teknik penanganan penyesuaian diri menurut konseling Gestalt yaitu “ saya memikul tanggung jawab” dan “saya memiliki suatu rahasia”. Hambatan yang dihadapi konselor dalam menangani masalah penyesuaian diri siswa yaitu kekurangan waktu dan ketidakpedulian orang tua siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri.

 

Kata Kunci: Masalah penyesuaian diri, penanganan konselor

Published
2014-12-28
Abstract Views: 214
PDF Downloads: 674