PENERAPAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI DI SEKOLAH PADA SISWA KELAS X MIA 3 SMA NEGERI 1 NGADIROJO KABUPATEN PACITAN

  • RESTU INDRAYANA

Abstract

Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan, ditemukan bahwa banyak siswa yang mengalami penyesuaian diri yang rendah di sekolah, maka dari itu diberikan strategi self-management untuk membantu meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan strategi self-management dalam membantu meningkatkan penyesuaian diri siswa di sekolah pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan. Dalam penerapan strategi self-management menggunakan tiga bentuk self-management, yaitu self monitoring, stimulus control, dan self reward.

Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan jenis penelitian one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan yang memiliki tingkat penyesuaian diri di sekolah kategori rendah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan angket penyesuaian diri untuk mendapatkan data siswa dengan tingkat penyesuaian diri rendah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik dengan uji tanda (sign test). Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 7. Berarti N (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 7, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N=7 dan X=0, maka diperoleh ρ=0,008. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat di simpulkan bahwa harga 0.008 < 0.05, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor yang signifikan pada skor penyesuaian diri siswa di sekolah pada siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Ngadirojo Pacitan.

 

Kata Kunci: Self-Management, Penyesuaian Diri di Sekolah

Published
2015-01-19
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 62