PENERAPAN STRATEGI PEGELOLAAN DIRI UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN BURUK DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 SMKN 4 SURABAYA

  • SELLI DWI RAHAYU

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya tingkat kebiasaan buruk dalam belajar siswa SMKN 4 Surabaya kelas X MM I. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan strategi pengelolaan diri untuk membantu mengatasi masalah tingginya kebiasaan buruk dalam belajar. Angket kebiasaan buruk dalam belajar digunakan untuk mengukur tingkat kebiasaan buruk dalam belajar siswa. Dari angket kebiasaan buruk dalam belajar dinyatakan bahwa yang menjadi subyek pada penelitian ini adalah kedelapan siswa kelas X MM I yang memiliki kebiasaan buruk dalam belajar yang tinggi. Penelitian ini menggunakan desain pre-post test one grup design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik non-parametrik dengan uji tanda. Hasil dari analisis data menunjukan bahwa ρ =0.004 lebih kecil dibanding α =0.05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya bahwa penerapan strategi pengelolaan diri dapat diterapkan untuk mengurangi  kebiasaan buruk dalam belajar siswa kelas X Multimedia I SMKN 4 Surabaya. Dengan demikian dari analisis uji tanda tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “ Penerapan strategi pengelolaan diri dapat membantu mengurangi kebiasaan buruk dalam belajar pada siswa kelas X Multimedia I SMKN 4 Surabaya”dapat diterima.

 

Kata kunci : strategi pengelolaan diri, kebiasaan buruk dalam belajar

Published
2015-01-26
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 52