Penerapan  Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Bergaul Siswa Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Pamekasan

  • FITRI AMBAR KHAMDI

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan Sosiodrama sebagai teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan bergaul siswa dengan teman sebaya kelas VII.3 SMP Negeri 2 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperiment design berupa one group pretest- posttest design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dengan 4 pilihan jawaban untuk mengetahui skor kemampuan bergaul siswa dengan teman sebaya. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dimana 6 subyek mendapat skor rendah, 2 subyek mendapat nilai sedang dan 2 subyek mendapat nilai tinggi yanhg berada di kelas VII.3 di SMP Negeri 2 Pamekasan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic non parametric dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rank Test). Dengan menggunakan ujiperingkat bertanda Wilcoxon menunjukkan nilai Thitung=0. Bila taraf kesalahan sebesar 5% dan N=10 maka diperoleh Ttabel=8, sehingga dapat ditarik kesimpulan Thitung<Ttabel. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan Sosiodrama Sebagai Teknik Bimbingan Kelompok Dapat Meningkatkan Kemampuan Bergaul Siswa Dengan Teman Sebaya Kelas VII.3 SMP Negeri 2 Pamekasan”

 

Kata kunci : Penerapan Sosiodrama, Bimbingan Kelompok, Kemampuan siswa,   dalam bergaul

Published
2015-01-28
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 245