PENGEMBANGAN MEDIA KARPET WARNA UNTUK MEMBANTU PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 SURABAYA

  • DEWI PUTRIANI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengangguran dan permasalahan karier yang dialami oleh siswa. Penyebabnnya adalah kurangnya informasi karier dan tidak adanya keterampilan dalam merencanakan karier. Permasalahan tersebut perlu penanganan, salah satunya dengan media yang bisa membantu mereka dalam merencanakan kariernya.

Pengembangan Media Karpet Warna merupakan bentuk pengembangan media yang berisi tentang hal-hal yang perlu dilakukan dalam merencanakan karier sesuai dengan proses perencanaan karier. Media juga menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan siswa dalam merencanakan kariernya. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg &Gall (1983).Tujuan penelitian ini menghasilkan produk berupa media karpet warna untuk membantu perencanaan karier siswa kelas VIII SMP yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Karpet Warna untuk Membantu Perencanaan Karier Siswa Kelas VIII SMPN 40 Surabaya memenuhi kriteria akseptabilitas. Penilaian akseptabilitas dilakukan oleh validator ahli materi, ahli media, dan praktisi. Media juga disempurnakan oleh reviewer media  dengan saran dan komentar yang diberikan. Berdasarkan penilaian oleh validator ahli media, aspek kegunaan memperoleh penilaian 80% predikat “baik, tidak perlu direvisi”, aspek kelayakan memperoleh penilaian 81,25% predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”, dan aspek ketepatan memperoleh penilaian 79,54% predikat “baik, tidak perlu direvisi”. Penilaian akseptabilitas oleh validator ahli materi adalah, aspek kegunaan  memperoleh penilaian 95% predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”, aspek kelayakan memperoleh nilai 96,87% predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi”,dan aspek ketepatan memperoleh nilai 100%  predikat “sangat baik, tidak perlu direvisi” .Penilaian akseptabilitas oleh praktisi, aspek kegunaan memperoleh penilaian 71,05% “baik, tidak perlu direvisi”, aspek kelayakan memperoleh penilaian 78,12 predikat “baik, tidak perlu direvisi”, dan aspek ketepatan memperoleh penilaian 75% predikat “baik, tidak perlu direvisi”. Berdasarkan penilaian tersebut maka Media Karpet Warna untuk Membantu Perencanaan Karier Siswa Kelas VIII SMPN 40 Surabaya memenuhi kriteria akseptabilitas.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Media Karpet, Perencanaan Karier.

Published
2015-08-20
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 79