PENGEMBANGAN “MEDIA AKTIVITAS” BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS V SDN MENTARAS DUKUN GRESIK

  • WAHYUNI MULYA NINGSIH

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ada pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Dalam praktiknya di lembaga pendidikan, siswa dituntut untuk mampu menerima dan menyesuaikan diri dengan peraturan dan tuntutan yang dibuat di sekolah salah satunya untuk mampu bersikap disiplin. Namun, ada beberapa siswa yang mengalami kesulitan untuk menjalani rutinitas sekolah dengan berbagai tugas didalamnya, termasuk mengatur aktivitas. Disiplin merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan secara berurutan dan dapat diselesaikan dengan baik. Sehingga perlu adanya media yang mempermudah siswa untuk menjadwalkan aktivitasnya agar dapar terlaksana dan terselesaikan dengan optimal.

Pengembangan media aktivitas merupakan pengembangan dalam bentuk media visual yang dikombinasi dengan bentuk benda-benda tiruan. Media ini menfasilitasi siswa untuk menuliskan jadwal sehari-hari sehingga tertata dengan baik.

Model penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Tujuan penelitian ini adalah membuat media aktivitas untuk meningkatkan disiplin siswa kelas V SD yang selanjutnya diujikan untuk memenuhi standar kelayakan.

Hasil penelitian menunjukkan media aktivitas untuk meningkatkan disiplin di kelas V SD memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian oleh validator ahli materi menunjukkan kriteria layak dengan kategori sangat baik (94,12%). Validator ahli media menunjukkan kriteria layak dengan kategori sangat baik (84%). Validator uji calon pengguna (guru) menunjukkan kriteria layak dengan kategori sangat baik (88%), dan uji calon pengguna (siswa) menunjukkan kriteria layak dengan kategori sangat baik (96%). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa keseluruhan validator ahli dan calon pengguna memberikan penilaian yang menunjukkan kriteria layak dengan kategori sangat baik (90,53%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka media aktivitas untuk meningkatkan disiplin siswa kelas V SD memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan di sekolah.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Aktivitas, Disiplin, Sekolah Dasar

Published
2015-08-20
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 133