Pengembangan Media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal Untuk Melatih Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik

  • RICHA MASLAHAH

Abstract

Abstrak

Media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal merupakan media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal adalah media yang menarik, praktis, dan mudah untuk menggunakanya, agar dapat memotovasi siswa dalam mengikuti layanan bimbingan dan konseling.

Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan suatu  produk dalam bentuk media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal untuk mendukung fasilitas layanan bimbingan dan konseling dalam bidang pribadi dan sosial, khususnya membantu  siswa  untuk melatih kemampuan komunikasi interpersonal. Selain itu, hasil pengembangan media ini dapat dapat digunakan oleh sekolah lain yang mempunyai karakteristik sama dengan SMP Negeri 1 Driyorejo Gresik.

Dalam proses pengembanganya, pengembang mengunakan model pengembangan Borg and gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov 2008  (pusat penelitian kebijakan inovasi dan pendidikan). Model pengembangn tersebut digunakan sebagai acuan analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi/konselor.

Hasil pengembangan ini mengunakan kriteria Akseptabilitas ( Kegunaan, Kelayakan, Ketepatan, dan Kepatutan). Adapun hasil dari rata-rata Akseptabilitas adalah angket penilaian ahli materi (90%) sangat baik tidak perlu revisi, angket penilaian ahli media (81%) sangat baik tidak perlu revisi, angket penilaian ahli praktisi/konselor (88,1%) sangat baik tidak perlu direvisi. Faktor penting dalam pengembangan ini adalah kesesuaian masalah dan materi yang dikembangkan, sehinggah hasil belajar dapat tercapai secara optimal. Pengembangan Media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal ini sebagai alternatif sumber belajar yang dapat membantu konselor untuk mempermudah penyampaian materi.

 

Kata kunci            : Media Kartu REMI Komunikasi Interpersonal, , 

  Kemampuan Komunikasi Interpersonal 

Published
2015-08-20
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 309