PENERAPAN PROGRAM RAP (THE RESOURCEFUL ADOLESCENTS PROGRAMME) UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA KELAS X TAHUN PELAJARAN 2014-2015 SMK N 1 CERME, GRESIK

  • DEVITASARI FITRIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program RAP (the Resourcefull Adolescents Programme) untuk meningkatkan resiliensi siswa kelas X tahun pelajaran 2014-2015 SMKN 1 Cerme, Gresik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-post test design. Alat pengumpul data yang dipakai adalah angket studi pendahuluan yang berisi daftar periksa keberisikoan siswa untuk mendapatkan data permasalahan yang dialami siswa, serta angket resiliensi untuk mendapatkan data tingkat resiliensi siswa, dan dokumentasi sebagai alat pelengkap. Subjek dalam penelitian ini adalah delapan siswa dari kelas X PTU-2 tahun pelajaran 2014-2015 SMKN 1 Cerme, Gresik yang memiliki indikasi berisiko tinggi dan memiliki tingkat resiliensi rendah.

Teknik analisis data yang digunakan adalah  statistik non parametik dengan menggunakan analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa  nilai ρ = 0,004 lebih kecil dari α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat resiliensi antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan program RAP (the Resourcefull Adolescents Programme). Berdasarkan hasil perhitungan diatas mean pre-test sebesar 203,375 dan mean post-test sebesar 241,625 dan selisih antara mean post-test dan pre-test adalah sebesar 38,25. Dengan demikian Hο ditolak dan Ha diterima. Dan hipotesis penelitian ini yang berbunyi “Penerapan program RAP (the Resourceful Adolescents Programme) dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas X tahun pelajaran 2014-2015 SMKN 1 Cerme, Gresik” dapat diterima. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan program RAP (the Resourceful Adolescents Programme) dapat meningkatkan resiliensi siswa kelas X tahun pelajaran 2014-2015 SMKN 1 Cerme, Gresik.

 

Kata kunci : penerapan, RAP (the Resourceful Adolescents Programme), Resiliensi

Published
2015-08-20
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 30