PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN “CAREER’S ADVENTURE” DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK SISWA KELAS XI SMAN NGLAMES MADIUN

  • JUNI PURNAMASARI

Abstract

Fenomena banyaknya mahasiswa yang salah dalam  mengambil jurusan di perguruan tinggi menjadi latar belakang dari penelitian ini. Fenomena yang ada mempunyai dampak negatif yang sangat fatal ketika tidak segera di tangani. Salah satu faktor penyebab dari fenomena yang ada adalah rendahnya perencanaan karier. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, ditemukan bahwa siswa SMAN Nglames memiliki tingkat perencanaan karier yang rendah. Layanan yang diberikan kepada siswa dirasa tidak mencapai tujuan yang diharapkan. Siswa cenderung bosan dan malas dalam pemberian layanan yang diberikan konselor sekolah dengan metode ceramah. Selanjutnya konselor sekolah juga mengalami kesulitan untuk mengembangkan media yang tepat untuk membantu siswa. Dari hal tersebut, maka dirasa perlu untuk mengembangkan suatu media yang bertujuan untuk membantu siswa merencanakan kariernya. Media tersebut adalah permainan “Career’s Adventure” yang dilaksanakan dalam bimbingan kelompok. Media permainan “Career’s Adventure”disusun berdasarkan aspek perencanaan karier dan juga instrumen kebutuhan, yang sudah disebarkan pada siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan “Career’s Adventure” yang dapat digunakan sebagai salah satu media Bimbingan dan Konseling yang menarik yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok. Media permainan “Career’s Adventure” adalah  media yang mudah digunakan, praktis dan  tentunya menarik agar dapat memotifasi siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling khususnya layanan informasi terkait materi perencanaan Karier. Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan menurut Borg and Gall sebagai acuan. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli materi, ahli media, ahli praktisi dan siswa adalah persentase.

Dari hasil uji cobahli dengan ahli materi diperoleh rerata persentase sebesar 90,2%, hasil ahli media mencapai 76,5%. Kemudian juga dari hasil uji coba skala besar dengan meminta menilaian dari delapan siswa dan seorang praktisi diperoleh rerata sebesar  91,52% untuk ahli praktisi dan 92,65% untuk siswa. Selanjutnya rata rata dari semua presentase hasil validasi adalah 87,7%. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula data kualitatif bahwa media permainan “Career’s Adventure” berkategori sangat baik dan sesuai dengan kriteria kelayakan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu media dalam layanan bimbingan dan konseling khususnya layanan bimbingan kelompok

Published
2015-08-20
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 39