PENGEMBANGAN SOFTWARE SOCIAL SKILLS (SOSIS) UNTUK MENGUKUR TINGKAT KETERAMPILAN SOSIAL SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • MAULIDA PUSPITA NINGRUM

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini karena kerja konselor yang sangat banyak dan berat, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk melaksanakan asessment. Sedangkan alat/instrument yang digunakan untuk menganlisis hasil pekerjaan siswa tidak ada atau masih menggunakan cara manual. Jadi konselor membutuhkan suatu alat asessment yang dapat mempermudah kerja konselor menjadi lebih efektif dan efisien.

Penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk berupa software SOSIS (Social Skills) untuk mengukur tingkat keterampilan sosial siswa kelas VII SMP yang memenuhi kriteria kelayakan.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dimana dalam tahapan pengembangan menggunakan model pengembangan dari Brog and Gall. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat software untuk mengukur tingkat keterampilan sosial siswa kelas VII SMP yang kemudian diuji kelayakannya dengan aspek materi dan kemenarikan medi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa software SOSIS (Social Skills) memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian ahli validator materi menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (95,5%). Validator ahli media menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (92,24%). Menurut penilaian dari konselor, kualitas software SOSIS (Social Skills) menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat baik” (76,02). Berdasarkan penilaian tersebut maka software SOSIS (Social Skills) untuk mengukur tingkat keterampilan sosial siswa kelas VII SMP layak digunakan disekolah.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Software SOSIS (Social Skills), keterampilan sosial

Published
2015-10-28
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 55