PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN THE RED RIBBON UNTUK MENCEGAH HIV AIDS DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 SURABAYA

  • GIOTANTI YETI NURDIAHRINI

Abstract

Abstrak

Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, diketahui bahwa siswa SMP Negeri 10 Surabaya memiliki pemahaman yang rendah mengenai bahaya penyakit HIV AIDS. Dari angket yang telah disebar di SMP N 10 Surabaya, dapat diketahui bahwa 54% dari 37 siswa yaitu sebesar 20 siswa tidak mengetahui cara penularan penyakit HIV AIDS. Dan dari angket tersebut juga diketahui bahwa terdapat 2 siswa yang memiliki kerabat yang mengidap penyakit HIV AIDS. Selain itu siswa cenderung bosan dan malas dalam pemberian layanan yang diberikan konselor sekolah dengan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media permainan The Red Ribbon yang dapat digunakan sebagai salah satu media Bimbingan dan Konseling yang menarik yang dapat digunakan dalam layanan bimbingan kelompok. Media permainan The Red Ribbon adalah  media yang mudah digunakan, praktis dan tentunya menarik agar dapat memotivasi siswa dalam mengikuti layanan Bimbingan dan Konseling khususnya layanan informasi terkait materi HIV AIDS.

Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan menurut Borg and Galls (1983) yang telah disederhanakan menjadi lima tahap oleh Tim Puslitjaknov sebagai acuan. Terdapat tiga tahap yang dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu analisis produk yang akan dikembangkan, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi. Analisis data yang digunakan untuk mengolah data hasil validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi adalah persentase. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui kelayakan media permainan The Red Ribbon yang memenuhi kriteria akseptabilitas.

Dari hasil uji coba ahli dengan ahli materi diperoleh rerata persentase sebesar 89,5%, hasil ahli media mencapai 92,5%. Kemudian dari hasil uji coba dengan ahli praktisi diperoleh rerata presentase sebesar 89,5%. Selanjutnya rata rata dari semua presentase hasil validasi adalah 90,5%. Setelah mendapatkan data tersebut dihasilkan pula data kualitatif berupa masukan dan komentar untuk perbaikan media. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka media permainan The Red Ribbon untuk siswa SMP kelas VIII telah memenuhi kriteria akseptabilitas dengan predikat sangat baik dan dapat digunakan dalam kegitan bimbingan kelompok di sekolah.

Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Media Permainan, dan HIV AIDS.

Published
2015-11-18
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 50