STUDI PENELUSURAN (TRACER STUDY) ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN LUAR BIASA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TAHUN WISUDA 2000-2004

  • SETIYA FAKHRULISAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui profil alumni Program Studi PLB FIP UNESA tahun wisuda 2000-2004, 2) prosentase alumni yang sudang bekerja dan yang belum bekerja, 3) bidang kerja alumni, 4) Tingkat kesesuaian antara program studi dengan pekerjaan saat ini, 5) kompetensi pengembangan karir alumni, 6) balikan dan saran yang diberikan alumni untuk Program Studi PLB FIP UNESA.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian penelusuran (tracer study) yang menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Responden penelitian adalah alumni Program Studi PLB FIP UNESA tahun wisuda 2000-2004 dengan populasi sejumlah 441 alumni. Teknik pengambilan sampel dengan proportionate stratified random sampling, sehingga didapat sampel sejumlah 88 alumni. Data dikumpulkan menggunakan angket yang disebarkan kepada seluruh alumni baik secara langsung maupun dikirim melalui email dan pos. Data dianalisis secara manual menggunakan tabel frekuensi MS Exel dan menghitung prosentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profil alumni Program Studi PLB FIP UNESA yaitu pada prosentase tertinggi, alumni yang wisuda pada tahun 2000 (48%). Indeks prestasi kumulatif dengan predikat sangat memuaskan (97%). Lama alumni menempuh studi empat semester pada program penyetaraan (48%), sedangkan pada program reguler lama studi lebih dari delapan semester (27%). Saat masih kuliah sebagian besar alumni tidak tergabung dalam keanggotaan organisasi (82%). 2) Alumni sudah bekerja untuk membiayai kehidupan (99%). 3) Bidang kerja alumni saat ini adalah bidang pendidikan (99%). 4) Antara pekerjaan saat ini dengan program studi sangat sesuai (69%). 5) Bakat yang dimiliki alumni dalam pengembangan karir pada prosentase tertinggi terdapat pada kecerdasan interpersonal (58%). Warisan profesi mempengaruhi pengembangan karir alumni (15%). Kondisi atau peristiwa lingkungan yang mempengaruhi pengembangan karir alumni (23%). Alumni berpartisipasi dalam mengikuti kegiatan pendukung pengembangan karir (99%). 6) Saran yang diberikan alumni untuk peningkatan mutu lulusan dan pengembangan program studi adalah peningkatan profesionalisme dosen, peningkatan kualitas materi perkuliahan dan frekuensi praktek lapangan, penyesuaian kompetensi lulusan dengan kebutuhan di lapangan, peningkatan fasilitas perpustakaan seperti daftar buku bacaan tentang anak berkebutuhan khusus yang terbaru serta menjadikan perpustakaan sebagai pusat sumber informasi.

 

 

Kata Kunci: Studi penelusuran, alumni, Prodi Pendidikan Luar Biasa UNESA

Published
2015-12-21
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 941