Pengembangan Catatan Kumulatif  Melalui Media Web Server Untuk Siswa SMA

  • INDRA LACKSANA

Abstract

Secara umum pemberian layanan yang diberikan guru BK akan efektif jika didasarkan data yang akurat atau data dari asesmen, ada berbagai macam jenis asesmen yang bisa digunakan untuk memperlancar pemberian layanan, akan tetapi jika data dari asesmen tersebut ketika dibutuhkan saat pemeberian layanan sulit dicari artinya guru BK lupa menyimpan dimana atau bisa jadi hilang. Hal tersebut akan menghambat kinerja guru BK dalam menangani masalah siswa. Dengan adanya pengembangan catatan kumulatif melalui media web server ini diharapkan pelayanan yang diberikan guru BK bisa berjalan lancar dan tanpa mengalami hambatan

Penelitian ini mengambil model Borg dan Gall (1983) yang telah disederhanakan menjadi lima tahap oleh Tim Puslitjaknov (2008), yaitu: (1) analisis produk yang akan dikembangkan (need assesment), (2) mengembangkan produk awal, (3) konsultasi dengan ahli media, (4) Uji validasi ahli, (5) Uji validasi pengguna

Hasil penelitian yang diperoleh dari dua ahli bimbingan dan konseling sebesar 87,08% dengan presentase kriteria kegunaan 90,63 %, kelayakan 87,5 %, ketepatan 85,94 %, kepatutan 83,33 %. Sedangkan berdasarkan uji pengguna guru BK SMAN 1 Cerme diperoleh kriteria kegunaan 87,5%, kelayakan 85,71%,  kepatutan 83,33%, ketepatan 84,38%. Dengan demikian pengembangan catatan kumulatif melalui media web server memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan

 

 

Kata Kunci : Catatan Kumulatif, media Web Server

Published
2016-01-27
Abstract Views: 147
PDF Downloads: 292