PENGEMBANGAN MEDIA KRR (KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA) BERBASIS SOFTWARE DALAM LAYANAN INFORMASI BIMBINGAN KONSELING SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • ROSITA AYUDHA MAHARANI

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 12 Madiun, SMPN 1 Takeran, SMPN 10 Madiun, dan SMPN

3 Madiun, peneliti menyimpulkan bahwa siswa SMP membutuhkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi. Di sekolah tersebut ditemukan siswa yang menderita penyakit menular seksual seperti raja singa dan siswa yang melakukan perilaku seks meyimpang dengan pacarnya seperti kissing, petting, dan necking. Guru BK menyadari informasi kesehatan reproduksi remaja sangat penting bagi siswa, namun karena keterbatasan sumber dan media dalam pemberian layanan informasi, hal tersebut tidak berjalan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja) berbasis  delphi 2010 dalam layanan informasi bimbingan konseling siswa sekolah menengah pertama yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg &  Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh tim Puslijaknov. Produk yang dihasilkan ada dua yaitu media KRR berbasis software dan buku panduan aplikasi KRR.

Hasil uji validasi ahli bimbingan dan konseling diperoleh rata-rata prosentase aspek kegunaan media KRR sebesar

81,25%, aspek kelayakan sebesar 84,375%, aspek ketepatan sebesar 83,34%, dan aspek kepatutan sebesar 85%.

Hasil uji coba calon pengguna guru BK SMPN 12 Madiun diperoleh prosentase aspek kegunaan sebesar 100%, aspek kelayakan sebesar 100%, aspek ketepatan sebesar 100%, dan aspek kepatutan sebesar 100%. Sedangkan hasil uji validasi ahli bimbingan dan konseling pada buku panduan aplikasi KRR berdasarkan sistematikanya sebesar 88,75%. Hasil uji coba calon pengguna guru BK SMPN 12 Madiun pada buku panduan aplikasi KRR sebesar 98,75%. Keseluruhan prosentase hasil uji validasi dan uji coba calon pengguna jika dibandingkan dengan kriteria akseptabilitas menurut Mustaji (2005) adalah sangat baik dan tidak perlu revisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media KRR berbasis software memenuhi kriteria akseptabilitas.

 

Kata kunci : Media, Kesehatan Reproduksi Remaja.

Published
2016-01-27
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 29