PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • LINA ANDINI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyaknya permasalahan yang dihadapi siswa dalam hal penyesuaian diri siswa di sekolah. Permasalahan penyesuaian diri yang sering dihadapi siswa di sekolah yaitu dengan guru, mata pelajaran, teman sebaya, dan peraturan sekolah. Adanya permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah membutuhkan suatu pemecahan masalah. Yang dibutuhkan seorang siswa dalam memecahkan masalah adalah keterampilan mengidentifikasi sebuah masalah, menemukan berbagai kemungkinan solusi yang ada, dan memutuskan pilihan. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membantu siswa agar mampu memecahkan masalah secara mandiri adalah melalui sebuah media cetak yang berupa buku panduan. Pengembangan buku panduan kemampuan prolem solving untuk siswa sekolah menengah pertama merupakan pengembangan media bimbingan dan konseling dalam layanan bimbingan kelompok.

Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah utama, namun telah disederhanakan oleh peneliti menjadi 8 tahap dalam penelitian pengembangan ini, yakni hanya sampai tahap prodak akhir. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk berupa buku panduan kemampuan problem solving untuk siswa sekolah menengah pertama yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan kemampuan problem solving untuk siswa sekolah menengah pertama memenuhi kriteria akseptabilitas. Nilai yang diperoleh dari validator uji ahli BK yaitu 90%, kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, validator uji calon pengguna produk (konselor) yaitu 89,7%, kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”, dan menurut validator uji ahli media sebagai reviwer dalam pengembangan ini menyatakan secara keseluruhan buku panduan bagus, menarik, dan desain sesuai dengan usia siswa sekolah menengah pertama. Secara keseluruhan, buku panduan kemampuan problem solving memperoleh prosentase nilai 89,9%, kategori “sangat baik, tidak perlu direvisi”. Maka, dapat disimpulkan dari hasil penilaian tersebut, buku panduan kemampuan problem solving untuk siswa sekolah menengah pertama dapat digunakan di sekolah menengah pertama.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Buku Panduan, Problem Solving, Penyesuaian Diri.

Published
2016-01-27
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 97