PENGEMBANGAN COMPUTER ASSISTED INFORMATION (CAI) SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PILIHAN STUDI LANJUT UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • Arista Febri Indartiana

Abstract

Fenomena salah jurusan di perguruan tinggi masih banyak dijumpai. Hal ini dapat dilatarbelakangi oleh kebimbangan yang terjadi saat proses penentuan pilihan, khususnya yang menyangkut masa depan karier dan kelanjutan studi bagi anak SMA. Berbagai informasi diperlukan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Sebagai dasar pijakan, layanan informasi tentang pilihan studi lanjut ini didasarkan pada teori Tipologi Kepribadian Karier Holland yang dapat disampaikan melalui media Computer Assisted Information (CAI).

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Computer Assisted Information (CAI) sebagai media layanan informasi pilihan studi lanjut yang memenuhi aspek kelayakan. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall (1983) yang disederhanakan menjadi lima tahap. Adapun prosedur pengembangan yang dilakukan yaitu studi pendahuluan serta pengumpulan data, melakukan perencanaan, pengembangan produk, uji lapangan, serta evaluasi dan revisi.

Berdasarkan hasil uji validasai ahli materi bimbingan dan konseling diperoleh rerata presentase kelayakan sebesar 91,87%. Hasil uji validasi terhadap ahli media menunjukkan tingkat kelayakan sebesar 91%. Sedangkan hasil penilaian dari uji coba calon pengguna yaitu guru BK SMAN 1 Driyorejo, Gresik, menunjukkan tingkat kelayakan produk sebesar 85,94%. Sehingga diperoleh rerata hasil penilaian dari para ahli adalah sebesar 89,6%.

Keseluruhan persentase hasil uji validasi jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005) adalah sangat baik, dan tidak diperlukan revisi. Sehingga media Computer Assisted Information (CAI) sebagai media layanan informasi pilihan studi lanjut memenuhi kriteria kelayakan produk.

Simpulan hasil penelitian ini adalah dihasilkan produk berupa media Computer Assisted Information (CAI) sebagai media layanan informasi pilihan studi lanjut untuk siswa sekolah menengah atas. Media tersebut telah memenuhi kriteria kelayakan produk berdasarkan uji ahli dan calon pengguna.

 

Kata Kunci: Computer Assisted Information (CAI), layanan informasi, studi lanjut, Tipologi Kepribadian Holland.

Published
2016-02-02
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 26