PENERAPAN TEKNIK EXPRESSIVE WRITING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGELOLAAN EMOSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 JOMBANG

  • AJENG INTAN NUR RAHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik Expressive Writing untuk menigkatkan kemampuan penngelolaan emosi siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015-2016 SMPN 4 Jombang. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitaif dengan metode penelitian eksperimen. Bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pre test-post test design. Alat pengumpul data yang dipakai adalah angket keterampilan pengelolaaan emosi untuk mendapatkan data tingkat pegelolaan emosi siswa dan dokumentasi sebagai alat pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametric dengan menggunakan analisis uji tanda. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai ρ = 0,031 lebih kecil dari α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat keterampilan pengelolaan emosi antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik Expressive Writing. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Hipotesis penelitian ini yang berbunyi “Penerapan teknik Expressive Writing dapat meningkatkan pengelolaan emosi pada siswa kelas VIII A SMPN 4 Jombang” dapat diterima

Published
2016-02-02
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 90