PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK GROUP EXERCISE UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKOMODASI PERHOTELAN DI SMKN 1 SURABAYA

  • ERNA KRISNAWATI

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya beberapa permasalahan siswa terkait dengan rendahnya tingkat hubungan interpersonal antar siswa, seperti bullying, perkelahian dan pengucilan. Hubungan interpersonal sangat dibutuhkan untuk siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) dikarenakan mereka disiapkan untuk dapat siap bekerja. Hubungan interpersonal sangat dibutuhkan dalam menciptakan kerjasama tim dan situasi kerja yang kondusif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji bimbingan kelompok degan teknik group exercise  untuk membantu meningkatkan hubungan interpersonal siswa kelas X AP-2 SMKN 1 Surabaya. Aspek Hubungan interpersonal yang digunakan dalam penelitian ini meliputi inisiatif, pengungkapan diri dan dukungan emosi pada orang lain.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimen design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket hubungan interpersonal yang terdiri dari 52 item. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas X AP-2 SMKN 1 Surabaya yang terdiri dari 6 siswa dengan skor hubungan interpersonal rendah, 2 siswa dengan skor sedang dan 2 siswa dengan skor tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah yang digunakan adalah statistic non parametric dengan menggunakan uji tanda dapat diketahui dalam tabel tes binomial dengan ketentuan N = 10 dan x =  0 (z), maka diperoleh 15Ï"> (kemungkinan harga di bawah H0) = 0,001.bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikannya bimbingan. Berdasarkan perhitungan rata-rata pre-test 149, rata-rata post-test 179,6 dan perbedaan antara rata-rata pre-test dan post-test sebesar 30,6. Dengan demikian H0 ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik group exercise dapat meningkatkan hubungan interpersonal siswa kelas X AP- SMKN 1 Surabaya. 

 

 

Kata Kunci: bimbingan kelompok group exercise, hubungan interpersonal

 

Published
2016-02-02
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 350