PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI PERCAYA DIRI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WONOAYU

  • christianto yuono

Abstract

Percaya diri sangat dibutuhkan dalam kehidupan siswa sebagai salah satu modal dalam kehidupan yang harus ditumbuhkan pada diri setiap siswa agar kelak mereka dapat menjadi manusia yang mampu mengontrol berbagai aspek yang ada pada dirinya, dengan kemampuan tersebut siswa akan lebih jernih dalam mengatur tujuan dan sasaran pribadi yang jelas. Siswa yang memiliki rasa kurang percaya diri akan menghambat tumbuh kembang anak tersebut dalam beraktifitas dilingkungan sekitar yang dia tempati, baik disekolah, keluarga maupun masyarakat. Salah satu upaya yang dapat diberikan untuk membantu meningkatkan percaya diri adalah permainan monopoli sebagai salah satu media bimbingan dan konseling dalam bentuk permainan yang dapat dimanfaatkan oleh konselor dan siswa. Permainan monopoli merupakan media yang mudah digunakan dan menarik minat siswa dalam mengikuti proses bimbingan dan konseling.

Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan suatu produk dalam bentuk monopoli untuk mendukung proses bimbingan dan konseling, khususnya dalam membantu meningkatkan percaya diri. Dalam proses pengembangannya, pengembang menggunakan model pengembangan menurut Borg & Gall (1983) dalam (Setyosari, 2012).

Analisis data yang digunakan untuk mengolah hasil validasi dari ahli bimbingan dan konseling, reviewer media dan ahli praktisi adalah prosentase. Hasil pengembangan media ini memperoleh skor 82,19% berkategori sangat baik dan tidak perlu direvisi menurut kriteria penilaian Mustaji (2005). Dengan demikian produk telah memenuhi kriteria keberterimaan.

 

Kata Kunci : media permainan monopoli, percaya diri 

Published
2016-02-02
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 148