PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU UNTUK MEREDUKSI PERILAKU KONFORMITAS NEGATIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 KOTA MOJOKERTO

  • INDRI DIAN UTAMI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku dalam mereduksi perilaku konformitas negatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Mojokerto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen design dengan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Alat ukur yang digunakan yaitu dengan menggunakan angket perilaku konformitas negatif yang terdiri dari 30 item. Penentuan subjek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sample, yaitu 6 siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Mojokerto yang teridentifikasi memiliki skor perilaku konformitas negatif paling tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik non parametrik dengan menggunakan uji tanda dapat diketahui dalam tabel tes binomial dengan ketentuan N = 6 dan x = 0 (z), maka diperoleh ρ (kemungkinan harga di bawah H0) = 0,016. Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,016<0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan skor perilaku konformitas negatif sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok rasional emotif perilaku. Berdasarkan penghitungan di atas mean pre-test sebesar 80,83, mean post-test sebesar 61,16 dan selisih antara mean pre-test dan mean post-test sebesar 19,67. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok rasional emotif perilaku dapat mereduksi perilaku konformitas negatif siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Mojokerto.

Kata Kunci : Konseling Kelompok, Konseling Rasional Emotif Perilaku, Konformitas Negatif

    

Published
2016-02-02
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 73