PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN PERILAKU PROSOSIAL UNTUK KELAS VII DEVELOPING OF THE TEXTBOOK OF PROSOCIAL BEHAVIOR FOR SEVENTH GRADE OF JUNIOR HIGH SCHOOL.

  • TRY YANUAR WAHYU P

Abstract

Perilaku prososial pada dasarnya terdapat pada setiap manusia, mulai anak-anak hingga dewasa. Hal ini terjadi karena naluri alamiah manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan, saling membantu, dan mampu berempati. Tetapi dalam perjalanannya muncul beberapa indikasi yang mengarah pada perilaku antisosial, khususnya di sekolah. Salah satu perilaku antisosial yang sering muncul  adalah perkelahian antar siswa. Dalam rangka memperoleh data pendukung, peneliti melakukan wawancara dengan Konselor SMPN 16 Surabaya dengan hasil terdapat siswa yang berperilaku tidak prososial. Seperti perkelahian, tidak bertanggung jawab, dan sikap individualis. Salah satu sebab munculnya perilaku-perilaku tersebut  adalah  tidak adanya buku paket sebagai pegangan siswa dalam proses pemberian layanan. Atas dasar itulah, dibutuhkan media bimbingan dan konseling yang dapat menjelaskan tentang perilaku prososial. Salah satu cara untuk memahamkan, menilai, dan merencanakan perilaku prososial adalah melalui media buku, yang berjudul “paket bimbingan perilaku prososial untuk kelas  VII SMP”. Buku ini berisi tentang pengertian perilaku prososial, faktor-faktor perilaku prososial, dan macam-macam perilaku prososial, diantaranya: tolong menolong, kepedulian, jujur, tanggung jawab, persahabatan dan kerjasama. Tujuan dari buku paket ini adalah agar siswa mampu memahami, menilai, dan merencanakan perilaku prososial.  Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Dengan model pengembangan dari Borg & Gall yang disederhanakan oleh tim Puslitjaknov tanpa tahap uji coba. Data yang diperoleh berupa kuantitatif (skoring angket) dan kualitatif (saran dan komentar) dari ahli BK dan Konselor sekolah. Subyek uji validasi ahli dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli BK dan konselor SMPN 16 Surabaya sebagai calon pengguna. Produk ini memperoleh rata-rata persentase 83,08% (‘baik’) pada uji validasi materi  dan 80,14 % (‘baik’) pada uji validasi konselor yang menunjukkan bahwa produk siap untuk diujicobakan.  Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah menambahkan materi seperti refleksi diri, empati, dan melanjutkan pada tahapan uji coba. 

 

Kata Kunci : Buku Paket,  Perilaku Prososial.

Published
2016-02-02
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 23