PENERAPAN STRATEGI REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR POSITIF SISWA KELAS X APK-2 SMKN 1 SURABAYA

  • M VIRGIAWAN BAYU S

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru BK SMKN 1 Surabaya didapatkan fakta bahwa siswa kelas X adalah siswa yang paling rentan dalam memiliki kemampuan berpikir positif yang rendah. Hal itu disebabkan karena mereka masih dalam masa peralihan dari sekolah menengah pertama kejenjang selanjutnya. Mereka dalam masa remaja yang sedang hangat-hangatnya karena sudah mulai mengenal permasalahan, baik itu permasalahan dalam sekolah, teman, jati diri, maupun cinta. Dalam masa peralihan ini terkadang mereka sering sekali berpikir pendek, mudah sekali mengambil keputusan yang terkadang ceroboh, dan sering sekali mengalami ketidakstabilan emosi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan penerapan strategi reframing untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa kelas X APK-2 SMKN 1 Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental dalam bentuk one group pre-test-post-test design. Subyek dalam penelitian ini adalah 5 siswa yang memiliki kemampuan berpikir positif yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket kemampuan berpikir positif dan teknik analisis data yaitu statistik non parametic dengan uji tanda. Setelah diadakan analisis dengan uji tanda dapat diketahui bahwa N=5, dan x=0 maka diperoleh ρ (kemungkinan harga di bawah ) = 0,031. Dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 dan ρ = 0,031 maka dapat diketahui bahwa harga 0,031< 0,05 maka di tolak diterima. Hal tersebut dinyatakan bahwa hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan strategi reframing dapat meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa kelas X APK-2 SMKN 1 Surabaya” dapat diterima. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi reframing berhasil meningkatkan kemampuan berpikir positif siswa yang rendah. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Positif, Reframing

Published
2016-02-02
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 38