PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN UNTUK ORANG TUA DALAM MEMBERI MOTIVASI BELAJAR SISWA UNDERACHIEVER DI SEKOLAH DASAR

  • Faizah Nur Hamimah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena underachiever yang terjadi pada siswa sekolah dasar, salah satunya yang terjadi di SDN 1 Wangkal Krembung Sidoarjo. Adapun dari hasil need assesment berupa wawancara yang dilakukan dengan orang tua menunjukkan bahwa orang tua siswa tidak tau dalam memberi motivasi anak dalam belajar di rumah. Karena itulah perlu adanya informasi yang tepat bagi orang tua agar dapat memberi motivasi belajar siswa underachiever, yaitu melalui buku panduan yang akan dikembangkan.

Pengembangan buku panduan untuk orang tua dalam memberi motivasi belajar siswa underahiever di SD merupakan bentuk pengembangan media cetak berupa buku yang berisi petunjuk atau panduan dalam memberi motivasi siswa underachiever dalam belajar di rumah.

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Fenrich. Tujuan pengembangan ini adalah menyusun buku panduan untuk orang tua dalam memberi motivasi belajar pada siswa underachiever di SD yang kemudian di uji kelayakannya dari empat aspek, yaitu kelayakan materi, kegrafikan, bahasa, dan penyajian (Depdikbud, 2014).

Hasil pengembangan menunjukkan bahwa buku panduan orang tua dalam memberi motivasi belajar siswa underachiever memenuhi kriteria kelayakan. Penilaian validator ahli materi menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat baik” (79,33%), validator ahli media menunjukkan criteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (87,5%). Menurut penilaian guru pembimbing kelas, kualitas buku panduan menunjukkan kriteria penilaian “layak dengan predikat sangat baik” (89,23%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keseluruhan validator ahli memberikan penilaian “layak dengan predikat sangat baik” yaitu 85,35%. Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka buku panduan untuk orang tua dalam memberi motivasi belajar siswa underachiever di SD memenuhi kriteria kelayakan dan dapat digunakan

 

Kata kunci: Pengembangan, buku panduan, motivasi belajar, underachiever, SD.

Published
2016-02-02
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 59