PELAKSANAAN PEMBERIAN BANTUAN UNTUK ANAK PENYANDANG CEREBRAL PALSY DITINJAU DARI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD INKLUSIF GALUH HANDAYANI SURABAYA

  • fenny zulvia

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD Inklusif Galuh Handayani Surabaya, terutama untuk anak penyandang Cerebral Palsy (CP).  Program bimbingan konseling adalah suatu rancangan berupa bantuan yang akan diberikan dalam rangka membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan, meningkatkan perkembangan peserta didik dan mengoptimalkan potensinya. Dalam penelitian ini, memiliki beberapa narasumber yaitu kepala sekolah, psikolog, wali kelas dan guru pembimbing khusus (GPK). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data yang dikembangkan oleh Miles & Huberman (1984). Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.

Hasil dari penelitian ini yaitu pertama adanya permasalahan yang dihadapi siswa CP, kedua, untuk pelaksanaan layanan dilakukan oleh wali kelas dan GPK, serta dibantu oleh Psikolog dan Kepala Sekolah (KS). Ketiga, layanan yang dilakukan di SD ini tidak terprogram atau tidak terencana, tetapi ada beberapa layanan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan siswa CP. Keempat, adanya hambatan yang dirasakan guru ketika melaksanakan layanan, dan kelima, guru juga melakukan upaya penyelesaian hambatan tersebut.

 

 

Kata kunci: Program Bimbingan dan konseling, Cerebral Palsy, Sekolah Inklusif

Published
2016-02-02
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 343