PENGEMBANGAN MEDIA POP UP PENGENALAN KARIR UNTUK SISWA KELAS III SDN TAMBAKAGUNG PURI MOJOKERTO

  • STEVANUS YOGA P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap media yang digunakan dalam mata pelajaran IPS kelas III yaitu pada materi mengenal jenis-jenis pekerjaan. Melihat pentingnya materi tersebut sebagai penunjang masa depan siswa, maka peneliti mengembangkan media pop-up pengenalan karier bagi siswa kelas III.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov (2008) menjadi 5 tahap. Karena keterbatasan waktu, peneliti hanya sampai tahap validasi ahli dan revisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasikan sebuah produk yaitu media pop-up pengenalan karier yang memenuhi kriteria aspek kelayakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up pengenalan karier telah memenuhi kriteria aspek kelayakan. Nilai yang diperoleh dari ahli media 91%, ahli materi 92%, dan calon pengguna 96%. Dengan begitu, secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai sebesar 93%, dengan kategori nilai sangat baik, tidak perlu direvisi. Maka, dapat disimpulkan bahwa media pop-up pengenalan karir telah memenuhi keiteria aspek kelayakan untuk digunakan siswa kelas III SDN Tambakagung Puri Mojokerto.

Kata kunci : Pengembangan, Media pop-up, pengenalan karier

Published
2016-02-02
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 103