PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DENGAN STRATEGI SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PERILAKU AGRESIF VERBAL PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 DLANGGU MOJOKERTO

  • CANDRA ADI WIJAYA

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji penerapan konseling kelompok dengan menggunakan strategi self-management dalam membantu mengurangi perilaku agresif verbal pada siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan Pre-experiment dengan jenis One-Group Pre-test dan Post-test Design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket perilaku agresif verbal siswa. Subyek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII di SMPN 2 Dlanggu Mojokerto yang memiliki perilaku agresif verbal tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji tanda. Berdasarkan hasil uji tanda bahwa menunjukkan tanda (-) berjumlah 8 sebagai N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) dan x (banyaknya tanda yang lebih sedikit) berjumlah 0. Dengan melihat tabel tes binominal dengan ketentuan N = 8 dan x = 0 (z), maka diperoleh ρ (kemungkinan harga di bawah H0) = 0,004 Bila dalam ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disumpulkam bahwa 0,004 < 0,05, berdasarkan hasil tersebut maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan rata-rata skor pre-test 116,75 dan rata-rata skor post-test 80,87, maka dapat dibuktikan bahwa pemberian konseling kelompok strategi self-management dapat menurunkan perilaku agresif verbal pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Dlanggu Mojokerto.

Kata kunci: Konseling Kelompok Self-Management, Perilaku Agresif Verbal

Published
2016-02-02
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 268