LAYANAN INFORMASI UNTUK MENGUBAH PERSEPSI SISWA TENTANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMK NEGERI 3 KEDIRI

  • yossy arurheza harsenda

Abstract

Dari hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 3 Kediri, ditemukan bahwa banyak siswa memiliki persepsi kurang baik terhadap layanan Bimbingan Konseling, maka dari itu diberikanlah layanan informasi mengenai layanan Bimbingan Konseling. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keefektifan penerapan layanan informasi untuk mengubah persepsi siswa tentang layanan Bimbingan Konseling kelas XI-Boga 1 di SMK Negeri 3 Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimenttal designe dengan jenis pre-test post-test one group design, sedangkan subyek penelitiannya adalah 4 siswa kelas XI-Boga 1 yang memiliki persepsi tidak baik tentang layanan Bimbingan Konseling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki persepsi kurang baik yakni dengan menggunakan angket. Teknis analisis data yang digunakan adalah Uji Tanda. Hasil analisis Uji Tanda menunjukkan bahwa tanda positif (+) berjumlah 4. Berarti N (banyaknya pasangan yang menunjukkan perbedaan) adalah 4, sehingga X (banyaknya tanda yang lebih sedikit) adalah 0. Dengan melihat table tes binomial dengan ketentuan N = 4 dan X = 0, maka diperoleh ρ = 0,004. Bila menggunakan ketetapan α (taraf kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan post test. Berdasarkan perhitungan diketahui hasil mean pretest 129,25 dan mean post-test 160 maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan informasi dapat mengubah persepsi siswa tentang layanan Bimbingan Konseling.

 

Kata kunci: Persepsi, Layanan Informasi, Layanan Bimbingan Konseling

Published
2016-02-02
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 277