PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN GOBAK SODOR DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK AFILIASI DIRI ANTAR SISWA SMP KELAS VII

  • MEIFA IDA FAUZIAH

Abstract

Penelitian pengembangan modifikasi permainan gobak sodor untuk afiliasi ini bertujuan untuk melatihkan kemampuan afiliasi siswa SMP kelas VII di UPTD SMPN 2  Ngantru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model dari Borg dan Gall (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakandan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov) menjadi lima tahapan. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk melakukan validasi pada uji ahli dan calon pengguna produk.

Berdasarkan hasil uji validasi buku panduan modifikasi gobak sodor kepada kedua ahli Bimbingan dan Konseling diperoleh persentase rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 86,5%. Tambahan komentar dan saran yang diperoleh dari uji ahli yakni, layanan apa yang mendukung dalam permainan, diminta untuk mencantumkan tempat pemberian permainan, perlu dicantumkan peran konselor, pemimpin/wasit, pemain dan siswa yang lain, perlu adanya konsistensi penulisan modifikasi permainan gobak sodor, perbandingan permainan gobak sodor asli dengan modifikasi tidak perlu dicantumkan, perlu adanya pengubahan kalimat ke dalam bahasa yang lebih interaktif. Sedangkan untuk media permainan pelaksanaan modifikasi permainan gobak sodor berdasarkan penilaian uji ahli memenuhi rata-rata keseluruhan aspek sebesar 81,50%. Tambahan komentar dan saran dari uji ahli sudah baik tanpa ada revisi.

Berdasarkan hasil dari uji validasi pengguna menunjukkan bahwa buku panduan pada modifikasi permainan ini memenuhi rata-rata keseluruhan kriteria sebesar 86,5%. Tambahan komentar dan saran yang diperoleh dari uji ahli sudah baik tanpa ada revisi. Sedangkan untuk media permainan pelaksanaan modifikasi permainan gobak sodor berdasarkan penilaian uji pengguna memenuhi rata-rata keseluruhan aspek sebesar 92,9%. Tambahan komentar dan saran yang diperoleh dari uji ahli sudah baik tanpa ada revisi.

Keseluruhan perolehan prosentase hasil uji validasi ahli Bimbingan dan Konseling dan uji validasi uji pengguna jika dibandingkan dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji (2005) adalah sangat baik tanpa ada revisi dan memenuhi kriteria akseptabilitas berupa aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan.

 

Kata kunci: Modifikasi permainan gobak sodor, bimbingan kelompok, afiliasi

Published
2016-02-02
Abstract Views: 104
PDF Downloads: 247