PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK LOGOTERAPI UNTUK MENURUNKAN SELF DEFEATING PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

  • SIGIT ARI WIBOWO

Abstract

Hasil pengamatan dan analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara di SMAN 1 Taman diperoleh data perilaku mengalahkan diri (Self Defeating) yang cukup tinggi, hal ini ditandai dengan banyaknya anak yang terlambat dalam masuk ke kelas sehingga berurusan dengan tata tertib, selain itu banyak yang menuruti kesenangan sendiri dalam berperilaku dan berfikir meskipun sebenarnya tahu dampak negatif dari perilakunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan skor yang diperoleh siswa yang memiliki kecenderungan perilaku mengalahkan diri (Self Defeating) sebelum dan setelah pelaksanaan konseling. Subjek penelitian diambil 5 anak dari kelas X yang mengalami kecenderungan perilaku mengalahkan diri (Self Defeating) yang masuk kategori tinggi dengan harapan konseling yang dilaksanakan dapat menurunkan kecenderungan perilaku mengalahkan diri (Self Defeating). Penelitian ini menggunakan desaign one group pretest and postest desaign. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang siswa yang memiliki kecenderungan perilaku mengalahkan diri (Self Defeating) adalah dengan instrument angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan Uji tanda. Hasil analisis uji tanda menunjukkan bahwa tanda negatif menunjukkan angka 5 berarti N (Banyaknya tanda yang lebih sedikit) sama dengan 0. Dengan melihat tabel tes binomial dengan ketentuan N=5, dan X=0, maka diperoleh p=0,031. Bila menggunakan α (Taraf signifikan) 5% adalah 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa harga 0,031<0,05, Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang diterima yaitu ada penurunan skor kecenderungan perilaku mengalahkan diri (self defeating) pada siswa Sekolah Menengah Atas setelah pemberian konseling individu dengan teknik Logoterapi.

 

Kata kunci : Konseling Logoterapi, mengalahkan diri (Self Defeating)

Published
2016-02-02
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 205